Makasi ya udah mampir di blog Zieva Orchid Vanda. semoga bermanfaat n berguna juga ^_^

Minggu, 24 Juli 2011

3 Cara Tepat Untuk Lambung


Punya masalah pada lambung? Rasa nyeri seperti diremas-remas pada daerah lambung pasti sangat menyiksa. Masalah itu kerap timbul, manakala penderita kurang memperhatikan kesehatan makanan dan sering telat makan.
Menjaga lambung agar dapat bekerja dengan baik tidak sulit kok, mulailah dengan makan makanan yang sehat dan memenuhi syarat seperti, jumlah sesuai kebutuhan, lengkap dengan vitamin, serta jadwal makan yang teratur.

Biasanya maag diderita mereka yang sibuk, dan kurang memperhatikan kesehatan lambung. Mengacu pala Gerakan Lambung Sehat Indonesia, mencegah sakit maag diperlukan 3 Tepat, yaitu Tepat Waktu, Tepat Nutrisi, dan Tepat Solusi Untuk Lambung
Tepat Waktu.
Biasakan diri untuk makan teratur. Waktu sarapan berkisar pukul 6.00 hingga 8.00 di pagi hari, makan siang dimulai pukul 12.00 hingga 13.00 siang hari dan makan malam sebaiknya jangan di atas pukul 20.00 malam hari.

Diantara jam makan tersebut, kita bisa mengkonsumsi makanan selingan yang ringan seperti kacang-kacangan, agar-agar atau buah. Jangan membiasakan makan tidak teratur atau terlambat makan karena perut kosong akan meningkatkan asam lambung dan merusak selaput lendir lambung sehingga bisa menyebabkan gastritis (sakit maag).

Beberapa peneliti juga menyatakan bahwa pola makan yang teratur membuat tubuh memiliki metabolisme yang lebih baik sehingga dapat mengontrol berat badan. Hal ini sekaligus membantah ungkapan yang mengharuskan melewatkan jam makan bila ingin menurunkan berat badan.
Tepat Nutrisi
Jangan makan dengan menu berlebihan atau kekurangan. Kelebihan akan membebani saluran cerna dan memberikan jumlah kalori yang lebih banyak sehingga menyebabkan kegemukan, sebaliknya, bila kekurangan, tubuh juga akan kekurangan sumber energi sehingga merasa lemas dan tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Memilih menu harus berpedoman pada gizi seimbang. Setidaknya mengandung 50-60% karbohidrat, 10-15% protein, dan 20-30% lemak. Sebaiknya hindari makanan yang merangsang produksi asam lambung berlebihan seperti pedas, asam, kopi, soda, dan alkohol.

Tepat Solusi untuk Lambung Sehat
Meliputi aktivitas seputar makan, dimana sebaiknya makan sesuai jadwal, jangan tunggu lapar dan sehabis melakukan aktivitas berat sebaiknya istirahat sebelumnya baru makan. Pada saat makan, makanlah dengan baik dan jangan terburu-buru. Setelah makan jangan langsung melakukan aktivitas berat atau tidur, tetapi duduklah dan lakukan kegiatan ringan agar proses pencernaan tidak terganggu.

Sumber: www.KabariNews.com/?35174

0 komentar:

    :ilovekaskus :iloveindonesia :kiss :maho :najis :nosara :marah :berduka :malu :ngakak :takut :ngacir2 :shakehand2 :bingung :cd :hammer :peluk :toast :hoax :cystg :dp :selamat :thumbup :2thumbup :matabelo :mewek :request :sorry :kr :travel :nohope :ngacir :ultah :cool :bola :hn :games :kimpoi: :bbg: :bbb: :cwk: :sundul: :rate5: :fd_6: :fd_5: :bolak: :tbrk: :ngacir: :qo3: :001: :cd:

Posting Komentar

jangan komentar yang tidak-tidak ya,, (no Sara, menghina dan pornografi)

Statistik